Papua Urutan 16 di Fornas VI Palembang

Sekretaris Kormi Papua Simson Rumbiak/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 08/07

PALEMBANG – Papua akhirnya finish di urutan ke-16 dengan membawa pulang 45 medali pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI Palembang, Sumatera Selatan, yang resmi berakhir pada Kamis (7/7/2022).

Dengan perolehan medali, 16 emas, 14 perak dan 15 perunggu, hasil ini tentu membuat Papua tak mampu memenuhi target masuk 10 besar sebagaimana yang diusung Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Papua.

Kendati demikian dari segi perolehan medali, hasil Fornas Palembang sangat signifikan dibanding sebelumnya.

“Setelah kita melihat hasil Fornas VI, memang target awal kita masuk 10 meleset. Tapi catatan kita bahwa Papua hanya mengikuti 14 induk olahraga, berbeda dengan provinsi lain yang turun di 52 inorga”.

“Ada sejumlah induk olahraga yang punya banyak jenis nomor tidak kita ikuti. Tapi 14 Inorga yang ikut saat ini sudah sangat bagus hanya kita akui provinsi lain lebih siap,” terang Sekretaris Kormi Papua Simson Rumbiak, Jumat (8/7/2022) di Palembang.

Lanjut Simson, kedepan Kormi Papua akan lebih fokus pada jenis olahraga perorangan yang berpotensi meraih medali. 

Sementara untuk nomor beregu, hanya pada tim yang sudah berprestasi di iven olahraga rekreasi nasional.

“Mungkin kedepan kita tidak lagi bawa pegiat dengan induk olahraga yang kita belum tau kekuatannya,” pungkasnya.

Diketahui, dari 14 induk olahraga KORMI Papua yang turun di Fornas Palembang, Beladiri Kempo Indonesia (BKI) terbanyak menyumbang medali dengan jumlah 28 (9 emas, 9 perak dan 10 perunggu). (QB)