Diskominfo Papua Akan Sediakan Akses Internet di Kabupaten/Kota

Kadis Kominfo Papua bersama staf melakukan foto bersama dengan Bupati  Sarmi, Eduard Fonataba/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 28/03

SARMI – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), melakukan kunjungan ke Kabupaten Sarmi dan bertemu Bupati eduard Fonataba guna membicarakan tentang  pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi, untuk penetrasi ekosistem digital.

Dalam pertemuan yang digelar di kantor Bupati Sarmi, Jumat (25/3/2022) tersebut, Kepala Diskominfo, Jeri Agus Yudianto menjelaskan sejumlah program/ kegiatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua untuk Pemkab Sarmi tahun anggaran 2022 yang meliputi penyediaan akses internet publik yang dibundling dengan CCTV dan penyediaan videotron.

“Pada kegiatan dimaksud diharapkan Pemkab Sarmi menyediakan lokasi/lahan dan fasilitas catu daya. Hal itu guna pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi, untuk penetrasi ekosistem digital, dimana Pemprov Papua melalui Diskominfo tahun anggaran 2022  akan menyediakan akses internet di area publik, fasilitas umum dan rumah ibadah,” jelas Jeri dalam rilis yang diterima Tvpapua.com.

Khusus di area Publik layanan yang digunakan adalah Wifi Manage Service (WMS) dengan kapasitas 100 Mbps bekerja sama dengan PT. Telkom Indonesia, tbk yang dibundling dengan CCTV disetiap lokasi WMS tersebut, tersebar di Ibu Kota Kabupten / Kota yang sudah mendapatkan layanan Akses Fixed Line PT. Telkom Indonesia, tbk yaitu, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Boven Digul, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Biak dan Kabupaten Merauke.

Lanjut Jeri, selain di beberapa rumah ibadah dan fasilitas umum, untuk tahap pertama layanan akses internet juga free diberika bagi masyarakat di area Kampung Kayu Pulo, Kampung Enggros, dan Kampung Tobati dengan memanfaatkan Jalur Internet e-Government Pemprov Papua.

“Jadi, NVR-CCTV di beberapa kabupaten yang terpasang nantinya akan diletakkan pada Command Center Ex-PON XX Tahun 2021,” terangnya.

Selain itu juga sebagai Dasboard Monitoring Layanan Akses Internet dan Aplikasi e-Government Pemprov Papua, dengan demikian fasilitas PON XX tetap bisa dimanfaatkan untuk menunjang Kegiatan Pemerintahan dan Pelayanan Kemasyarakatan.

Termasuk fasilitas PON XX tetap bisa dimanfaatkan, untuk menunjang kegiatan pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan.

“Jadi,  operasional beberapa kegiatan diatas adalah parsial dan sesuai target akan rampung pada bulan September 2022,” ujarnya.

Sementara Bupati Sarmi Eduard Fonataba, menyambut baik program yang digulirkan Pemprov Papua dan bersedia menyediakan atau memfasilitasinya demi perkembangan Kabupaten Sarmi.

Menurutnya, kegiatan ini perlu ditingkatkan melalui instansi teknis di Kabupaten Sarmi sehingga program tersebut berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sarmi.

“Semangat Penterasi Digital melalui perluasan pemenfaatan Ekosistem Digital, merupakan salah satu upaya pencapaian Visi Provinsi Papua Tahun 2019-2023 dibawah kepemimpinan Bapak Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH yaitu mewujudkan Papua Bangkit Mandiri Sejahtera yang berkeadilan,” tandasnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: