Pertumbuhan Ekonomi Papua 14,54 Persen, Tertinggi Di Indonesia

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 25/10

JAYAPURA – Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga menyampaikan pertumbuhan ekonomi Provinsi Papua pada triwulan III  tahun 2021 berhasil tumbuh sekitar 14,54 persen, tertinggi di Indonesia.

Hal itu disampaikan Naek Tigor, usai pertemuan tahunan Bank Indonesia yang digelar di salah satu hotel di Kota Jayapura, Rabu (24/11/2021).

“Pertumbuhan ekonomi di Papua tumbuh menjadi 14,54 persen tertinggi di Indonesia, jauh diatas pertumbuhan nasional yang hanya 3,51 persen,” ujarnya.

Naek menjelaskan penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Papua dari sektor pertambangan, tercatat tumbuh sekitar 34, 6 persen, juga keberhasilan penyelenggaraan PON Papua.

“hal itu memberikan dampak kepada perekonomian secara nasional,” jelasnya.

Kemudian inovasi dan digitalisasi yang merambah disegala bidang harus terjaga, agar pertumbuhan tetap tinggi.

“Dimasa Pandemi Covid -19 ini, Inovasi dan digitalisasi sangat penting karena membantu merawat pertumbuhan ekonomi kita tetap tinggi,” katanya.

Selain itu, sinergitas dari semua pihak membantu pemulihan dan peningkatan ekonomi, termasuk pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah dengan program Pengendalian Cepat Menuju Papua Satu Harga ( Pace Juara ).

“Sinergi menjadi kunci penting, untuk itu kami yakin pertumbuhan ekonomi di 2022 nanti diatas 10 persen,” tandasnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: