Gubernur Lukas Enembe Lepas Kontingan Peparnas XVI Papua Sekaligus Penyerahan Aset

Gubernur Papua Lukas Enembe menyerahkan bendera kontingen kepada Ketua Kontingen Papua Nikolaus Kondomo/ foto Dian Mustikawati

tvpapua.com, Jayapura, 30/10

JAYAPURA – Gubernur Papua Lukas Enembe secara resmi melepas kontingen Peparnas XVI Papua, yang digelar 2 hingga 15 November 2021, sekaligus melakukan penyerahan sarana dan prasarana serta tes event, Jumat kemarin.

Gubernur Lukas Enembe secara pribadi menyampaikan terima kasih kepada segenap komponen masyarakat Papua, yang telah mendukung sukses pelaksanaan PON XX yang membuktikan bahwa Torang Bisa.

”Selanjutnya kembali lagi pada hari ini kita menyaksikan permulaan kegiatan event kedua setelah PON XX yaitu Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 yang dilaksanakan di Provinsi Papua.

Kegiatan Perpanas XVI ini dimulai dengan dukungan Pemerintah Papua melalui penyerahan sarana dan prasarana 9 venue pertandingan kepada PB Perpanas dan peralatan pertandingannya, melepaskan kontingen dan melaksanakan test event,” katanya.

Gubernur menyatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjamin kelangsungan hidup setiap warga negara, termasuk para penyandang disabilitas yang mempunyai kedudukan, hukum dan memiliki hak asasi manusia (HAM) yang sama sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) untuk hidup maju dan berkembang secara adil dan bermartabat.

Untuk itu, penyelenggaraan Peparnas XVI ini merupakan bagian yang sangat penting dari usaha Pemerintah Papua untuk membangun dan mendorong kesamaan hak dan kedudukan bagi kaum Disabilitas untuk mengembangkan potensinya di bidang olahraga prestasi.

”Sudah banyak bukti bahwa atlet disabilitas dapat mencapai hasil tertinggi dalam dunia olahraga bahkan melebihi atlet non disabilitas. Itulah mengapa kesataraan dan kesamaan hak ini dijadikan momentum penting dalam pelaksanaan Peparnas XVI,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur memberikan apresiasi kepada Ketua NPCI Papua yang telah mempersiapkan para atlet Peparnas XVI asal Papua untuk berlaga di ajang ini.

“Saya mendorong dan memberikan semangat juang kepada segenap kontingen Papua. Kepada saudara-saudara digantungkan harapan dan nama baik nasyarakat Papua. Pemerintah Papua akan memperhatikan prestasi puncak vang saudara-saudara capai melalui kebijakan khusus. Kepada saudara Ketua Kontingen Peparnas XVI asal Papua, saya ucapkan selamat memimpin Kontingen Papua, semoga melalui saudara ketua, semua harapan dan cita-cita menjadi nyata dalam memperjuangkan prestasi terbaik dalam ajang ini,” pungkasnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: