Kantor Badan Penghubung Provinsi Papua Mengkonsolidasikan Komunitas Pemerhati Seni Budaya Papua

Spread the love

Caption : Tari Selamat Datang dari Papua/ [foto : Google]

tvpapua.com, Jakarta, 31/10

Berbagai stakeholders sangat bereperan dalam mendorong percepatan pembangunan diberbagai sector di Provinsi Papua, tak terkecuali para pelaku seni dan pemerhati budaya papua. Hal ini disampaikan Alexander Kapisa, Kepala Kantor Badan Penghubung Provinsi Papua di Jakarta dalam rangka persiapan pelaksanaan Papua Update, yang mengambil thema “Konsultasi dan Konsolidasi Pemerintah Provinsi Papua dengan Komunitas Pemerhati Budaya Papua”. Kegiatan ini akan dilaksanakan, selasa 31 Oktober 2017 bertempat di Warung Daun, Jalan Cikini Raya No 26 Jakarta Pusat.

“Peran dari tokoh-tokoh masyarakat, agama dan tentunya juga pelaku seni memberikan konstribusi yang sangat positif dalam proses pembangunan di Provinsi Papua. Tanpa peran aktif, kerjasama dan sinergi positif yang terbangun selama ini antara berbagai stakeholders tersebut dengan Pemerintah, tentunya akan sangat berat mewujudkan apa yang selama ini didambakan yaitu Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera” ungkap Kepala Kantor Badan Penghubung Papua.

Sebagai daerah yang sangat dikenal dengan beraneka ragam seni, kerajinan tangan, tarian-tarian etnik dan kegiatan-kegiatan spiritual lainnya, maka peran pelaku seni dan pemerhati budaya sangat strategis dalam mempromosikan budaya papua, baik di dalam negeri maupun ke mancanegara.

“Dengan pola pendekatan pembangunan lima wilayah adat, maka focus pembangunan di berbagai sector dapat menjadi lebih baik, termasuk memunculkan potensi seni dan budaya di masing-masing wilayah adat tersebut. Disinilah letak strategis kerjasama antara pemeirntah dengan para pelaku seni dan komunitas pemerhati budaya papua. Ada saling mengisi satau sama lain sehingga akan memberikan dampak yang positif untuk Provinsi Papua” ujarnya.

Untuk itulah kami memandang perlu dan strategis untuk melakukan konsultasi dan koordinasi dengan para pelaku seni dan komunitas pemerhati budaya papua untuk sama-sama mendiskusikan seperti apa perjalanan seni dan budaya papua selama ini dan seperti apa sebaiknya yang dilakukan oleh pemerintah kedepannya nanti.

“rencananya kami akan menghadirkan Bapak Wiliam Sawaki, mantan anggota MRP, anggota group Rio Grime dan Bapak Frans Rumbino yang selama ini dikenal dengan sebutan Frans sisir sebagai narasumber dalam acara tersebut. Kami menyebutkan acara tersebut sebagai Para-para Komunitas Seni Budaya Papua” tutup Alexander Kapisa, kepala kantor Badan Penghubung Papua di Jakarta. [M.D]

Post Tagged with