Suebu dan Monim Tambah Satu Emas untuk Papua

tvpapua.com, Jayapura 05/09

BANDA ACEH – Kontingen Papua menambah perolehan medali emas pada Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI dari Cabang Olahraga Dayung yang berlangsung di Waduk Keuliling Indrapuri, Aceh Besar, Kamis, 5 September 2024.

Raihan medali emas pertama dari cabang olahraga dayung itu dihasilkan oleh duet Sella Monim dan Yunita Aprilia Suebu yang bertanding di nomor kano double 500 meter putri. Kemenangan duet canoeing putri Papua itu sangat mengharukan. Karena Sella Monim yang merupakan atlet Pelatnas itu dalam kondisi tidak bugar atau sedang terkena malaria tropika.

“Yang lagi dalam kondisi tidak fit dan kena malaria itu Sella Monim, dia kena malaria tropika, tapi tadi baru berangsur pulih dan dia bisa tetap memberikan yang terbaik,” kata pelatih dayung Papua, Vines Kambay.

Ia mengucap syukur karena atletnya bisa meraih hasil membanggakan meskipun sedang dalam kondisi tidak 100 persen bugar. “Kami berterima kasih kepada Tuhan karena telah menolong dan memberkati perjuangan kami sehingga atlet kami bisa mempersembahkan yang terbaik untuk Tanah Papua,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PODSI Papua, Dr. Roy EF Wayoi bangga atlet dayung bisa mempersembahkan emas bagi Kontingen Provinsi Papua. “Kami sangat berterima kasih dan bersyukur bahwa dayung bisa mendapatkan medali emas PON XXI di Aceh dari perlombaan gang berlangsung tadi sore,” ujarnya.

Dia kagum dengan perjuangan atletnya yang dalam kondisi kesehatan yang kurang fit, namun bisa meraih medali emas. “Kondisi atlet kita beberapa waktu ada yan sakit dan kita berusaha rawat semaksimal mungkin sehingga pada perlombaan adek Sella bisa memberikan persaingan dan meraih medali. Puji Tuhan melihat semangat anak-anak yang luar biasa dalam keterbatasan tapi bisa tetap berjuang untuk Tanah Papua,” katanya.

Wayoi optimis dengan torehan medali pertama di Cabor Dayung ini dapat memacu atlet dayung lainnya untuk berjuang meraih prestasi terbaik. PODSI Papua, lanjutnya, menargetkan minimal meraih dua medali emas di PON XXI Aceh-Sumut.

“Dayung Papua bisa memberikan sumbangan medali emas pertama untuk kontingen Papua. Nanti besok akan ada pertandingan lagi. Paling rendah kita menargetkan dua atau maksimal tiga medali emas. Hari ini sudah satu dan kita harapkan bisa dapat lagi besok,”tandas Kakanwil Badan Pertanahan Nasional Provinsi Papua itu.
Sementara itu, Pedayung nasional Stevani Maysche Ibo kembali menyabet medali emas saat lomba di canoeing nomor kayak 500 m putri, Kamis. Ia finis dengan catatan waktu 2 menit dan 0,240 detik.

Diposisi kedua ditempati Ramla B atlet asal Provinsi Sulawesi Barat yang berhak mendapatkan medali perak. Ramla finis ditempat kedua dengan catatan waktu 2 menit dan 1,555 detik. Sedangkan medali perunggu direbut Cinta Priendtisca Naomi dari Provinsi DKI Jakarta.

Data yang dirilis PB PON menyebutkan pertandingan pada Kamis, 5 September 2024:
Nomor Kano Double 500 m putri

  1. Yunita Aprilia Suebu/Sella Monim – Papua Medali Emas
  2. Nurevani Feraliana/ Sri Kandi – Jawa Barat Perak
  3. Sisma Roboha/Herlin Aprilin Lali – Papua Pegunungan Perunggu

Nomor Kayak Beregu 500 M Putri

  1. Anisa Yulistiawan/Adila Desvi Rahayu/Ana Rahayu/Fajriah Nurbayan – Jawa Barat Emas
  2. Melati Fajar Ningrum/Aprilia Lawalata/Ayuning Tika Vihari/Iin Rosiana – Jakarta Perak
  3. Nadia Hafiza/Oley Piya Azhara/Salsabila/Siti Marhana Wulandari – Kalimantan Selatan Perunggu

Nomor Tunggal Kayak 500 M Putri

  1. Stevani Maysche Ibo – Papua Pegunungan Emas
  2. Ramla B – Sulawesi Barat Perak
  3. Cinta Priendtisca Nayomi – Jakarta Perunggu

Nomor kayak double 500 m putri

  1. Siti Marhana Wulandari/Nadia Hafiza – Kalimantan Selatan Emas
  2. Anisa Yulistiawan/Ana Rahayu – Jawa Barat Perak
  3. Melati Fajar Ningrum/Ayuning Tika Vihari – Jakarta Perunggu. (***)