Kepala BI Papua : FesCen 2024 Bentuk Perwujudan Inovasi Struktur Perekonomian Papua

Spread the love

tvpapua.com, Jayapura, 18/05

Jayapura – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua menggelar Festival Cenderawasih untuk pertama kalinya, bertempat di Eks Terminal Entrop, Kota Jayapura. Kegiatan ini melibatkan 37 pelaku usaha UMKM, dimana 32 bergerak dibidang kuliner, 3 dibidang fashion, 2 dibidang kerajinan dan 3 kelompok sadar wisata.

Faturachman mengatakan, melihat perkembangan ekonomi global dan nasional ini, tentunya kita perlu terus berupaya menumbuhkan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru agar merata dan tidak bertumpu pada satu sektor saja.

Terbentuknya 3 provinsi baru di Wilayah Papua tentunya mempengaruhi kondisi perekonomian Papua yang semakin dinamis dan penuh tantangan. Inovasi pada struktur perekonomian perlu ditempuh melalui berbagai upaya seperti: 

1. Mendorong sumber pertumbuhan ekonomi yang lebih beragam, sehingga pertumbuhan tidak hanya bertumpu pada satu sektor. Pertumbuhan ekonomi yang didorong oleh sektor yang beragam akan menciptakan perekonomian yang lebih kuat dan berdaya tahan; 

2. mendorong pelaku ekonomi yang lebih beragam, baik korporasi maupun juga UMKM, baik Pemerintah maupun swasta, dengan demikian pertumbuhan ekonomi akan lebih inklusif dan berdaya tahan; 

3. Mendorong sistem ekonomi dan keuangan yang beragam, tidak hanya sistem ekonomi dan keuangan konvensional, namun juga ekonomi dan keuangan syariah; 

4. Meningkatkan adopsi digitalisasi serta pembangunan yang berwawasan lingkungan. Hal ini dapat dicapai melalui sinergi dan kolaborasi antara berbagai pihak serta optimisme yang tinggi agar pertumbuhan yang kuat, berimbang, berkelanjutan dan inklusif dapat tercapai.

Berdasarkan asesmen Bank Indonesia Papua, terdapat sejumlah sektor unggulan yang berpotensi mendorong sumber pertumbuhan ekonomi yang lebih beragam, seperti sektor perikanan, pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Pengembangan ekonomi yang inklusif tentunya harus melibatkan pelaku UMKM sebagai penggerak utama ekonomi. Sinergi kebijakan yang kuat telah dilakukan bersama seluruh Pemerintah di Wilayah Papua serta Kementerian dan Lembaga, berupa pendampingan usaha, korporatisasi, penyelenggaraan pameran, dan onboarding UMKM. 

Selain itu, upaya mendorong ekonomi dan keuangan syariah diimplementasikan melalui pengembangan ekonomi pesantren, sertifikasi halal, dan peningkatan kapasitas industri kreatif (IKRA).

“Mempertimbangkan pentingnya dukungan dan dorongan untuk terus berinovasi dalam mengakselerasi sumber pertumbuhan ekonomi baru, Festival cenderawasih ini diciptakan sebagai bentuk perwujudan inovasi pada struktur perekonomian Papua,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Jumat (17/5/2024).

Sinergi ekonomi kreatif, digitalisasi, ekonomi dan keuangan syariah, pariwisata, dan budaya telah dipadu-padankan di Festival Cenderawasih ini agar mengoptimalkan awareness masyarakat dan outcome nya terhadap perekonomian Papua.  

“Tiga kata kunci yaitu sinergi, inovasi, dan optimisme menjadi prasyarat utama dalam menyukseskan kegiatan ini,” pungkasnya. (***)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.