Siswa PFA Valentino Wagiu Dipanggil Tim Nasional U-16

Spread the love
Valentino Wagiu (tengah), salah satu anak Papua didikan Papua Football Academy (PFA) yang di panggil Timnas U-16/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 11/05

Timika – Garuda Muda memanggil satu siswa Papua Football Academy (PFA), yaitu Valentino Wagiu untuk mengikuti Training Camp Tim Nasional U-16 dalam persiapan menuju Asean Football Federation (AFF) U-16 Championship. Valentino Wagiu dipilih dari 4 siswa PFA yang dipanggil seleksi Timnas U-16 pada Maret 2024 silam.

Dipanggilnya Valentino dalam Tim Nasional asuhan Nova Arianto ini merupakan hal positif bagi PFA. Dimana hal ini merupakan pertama kalinya sejak PFA didirikan pada Agustus 2022 silam.

Valentino akan bergabung pada pemusatan pelatihan Timnas U-16 hingga 30 Mei mendatang, dan tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang hingga turnamen AFF U-16 digelar.

“Terima kasih untuk timnas sudah percaya memanggil satu anak PFA, saya optimis semoga karir dia cerah di depan. Ini akan jadi motivasi bagi kami di PFA dan seluruh pemain muda di Papua dan menjadi momentum pemicu kebangkitan sepak bola usia muda di Papua.” Tutur Ardiles Rumbiak, Pelatih Kepala PFA, dalam rilis yang diterima Tvpapua.com, Sabtu (11/5/2024).

Hal ini sesuai harapan PT. Freeport Indonesia yang berkomitmen memberikan kesempatan kepada anak muda Papua untuk dapat berprestasi, terutama di bidang sepak bola. Dimana PFA merupakan investasi sosial PT. Freeport Indonesia yang spesifik mendidik putra-putra Papua dalam beasiswa di Mimika Sports Complex dengan standar latihan, nutrisi, dan kompetensi pelatih yang tinggi.

Secara individu, Valentino merupakan pemain yang berposisi gelandang dengan kaki terkuat di kanan. Valentino merupakan putra asal Boven Digoel kelahiran 10 Mei 2009, ia bergabung dalam PFA angkatan pertama setelah berhasil lolos pada PFA Cari Bakat di Merauke pada tahun 2022 lalu dan ini merupakan semester keempatnya di PFA.

Papua Football Academy (PFA) sendiri adalah akademi Sepakbola junior yang didirikan oleh PT Freeport Indonesia pada 2022 serta diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Papua Football Academy memiliki visi, memberikan pendidikan dan mengoptimalkan talenta anak Papua menjadi individu unggul yang berintelegensi, kompetitif, percaya diri, adaptif, dan berpeluang menjadi pemain sepak bola profesional di Tanah Air serta Internasional.

Saat ini ada 60 siswa berusia 13 tahun sampai 15 tahun yang terbagi dalam 2 angkatan. Para siswa PFA mendapatkan pelatihan teknis, akademi dan life skill dari pelatih dan staff yang berpengalaman dan berlisensi selama 2 tahun. 

Sebagai informasi, Papua Football Academy telah mengikuti sejumlah kejuaraan nasional maupun internasional, seperti Piala Soeratin Nasional, Barati Cup serta terbaru ini menjadi runner-up dalam kejuaraan terbuka U16 di Selangor, Malaysia. (***)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.