Astra Motor Papua Sinergi Polda Papua Barat Gelar Lomba Safety Riding

Spread the love

tvpapua.com, Jayapura, 20/06

Jayapura – Astra Motor Papua selaku main dealer sepeda motor Honda bersinergi dengan kepolisian menggelar lomba safety riding di Lapangan Belakang Mapolda Papua Barat, Sabtu (17/6/2023). 

Kegiatan ini dalam rangka Hari Bhayangkara Ke 77 Polda Papua Barat. 

Kegiatan rangkaian safety riding dilaksanakan ini sebagai wujud realisasi pembinaan masyarakat terorganisir di wilayah Polda Papua Barat untuk menciptakan pelopor tertib berlalu lintas demi terwujudnya Kamseltibcar Lantas.

Diharapkan dengan ini dapat meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas. Menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan bermotor di jalan umum.

Menyemarakkan sekaligus mensukseskan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 di Polda Papua Barat. 

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Tahi Monang Silitonga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada panitia lomba atas kerja kerasnya dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas bahwa telah mengadakan edukasi kepada masyarakat melalui kegiatan Safety Riding

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang hadir dan komunitas agar tidak bosan dalam menaati peraturan lalu lintas,” kata Irjen Pol. Tahi Monang. 

Dirinya juga mendorong agar Ditlantas Polda Papua Barat senantiasa berinovasi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. 

“Sehingga angka kecelakaan menurun dan kepercayaan masyarakat meningkat,” ujarnya. 

Marketing Manager Astra Motor Papua, Elang Samodra mengatakan Astra Motor Papua mendukung penuh kegiatan untuk edukasi safety riding. 

Dikatakannya Astra Motor Papua selama ini juga mendukung penuh upaya untuk menekan angka kecelakaan. 

“Kami terus menggalakan edukasi safety riding. Kami mendukung semangat untuk #Cari_Aman. Bagaimanapun ini perlu sinergi dari berbagai pihak,” ujar Elang. 

Elang menjelaskan kegiatan dimulai dengan pembukaan lomba Safety Riding oleh Kapolda Papua Barat, didampingi Pangdam XVIII Kasuari. Dilanjutkan atraksi safety riding dari PJR Ditlantas Polda 

Papua Barat. Lalu, pelepasan konvoi safety riding & safety driving oleh Kapolda Papua Barat. 

Corporate Communication Astra Motor Papua, Chairil Shindi Kusuma menambahkan ada sejumlah skill safety riding yang dilombakan. Mulai dari Narrow Plang (uji keseimbangan dengan kecepatan extra pelan di atas papan). Lalu, Slalom Course (ketrampilan pengendara dengan pengendalian stang motor dalam posisi berkendara yg benar). 

Lomba dilaksanakan dalam dua kategori yaitu Internal (Personel Polda) dan Eksternal (anggota Komunitas/Klub Otomotif di Manokwari). Lomba menggunakan sepeda notor dengan kapasitas 150 cc matic dan manual yang telah disiapkan. 

Adapun untuk juara lomba safety riding kategori eksternal/ umum (Anggota Komunitas R2), Juara I: Midun – Komunitas MHSC. Juara II: Arifandi – Komunitas MSRT. Juara III: Yudi – Komunitas LTC. Juara Lomba Safety Riding Kategori Internal (Anggota Satker Polda Papua Barat): Juara I: SADDAM – Bid Propam. Juara II: PASKALIS HOLAGO – Sat Brimob. Juara III: YUDO – Bid TIK. (QB)