Capai Universal Health Coverage, Pemda Provinsi Papua Selatan diundang Wakil Presiden RI Terima Penghargaan

Spread the love

tvpapua.com, Jayapura, 12/03

Merauke – Universal Health Coverage (UHC) adalah salah satu wujud nyata bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Papua Selatan dalam memberikan perlindungan terhadap hak fundamental warga negara. 

Melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), diharapkan seluruh rakyat Indonesia dapat menikmati pelayanan kesehatan secara adil dan merata sehingga tercipta masyarakat yang sehat, aktif dan sejahtera. 

Perhelatan tersebar penghargaan JKN melalui kegiatan UHC Award kembali digelar dan merupakan perhelatan terbesar sepanjang sejarah pemberian penghargaan penyelenggaraan program JKN. 

UHC Award tahun ini diikuti oleh 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota yang telah melindungi penduduknya lebih dari 95% dan telah mendaftarkan penduduknya pada program JKN segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah Pemerintah Daerah (PBPU-Pemda).

Pemda Provinsi Papua Selatan yang telah menjaminkan penduduknya kedalam program JKN hingga saat ini telah mencapai 99,28% kepesertaan JKN dari total penduduk. 

Kesuksesan penyelenggaraan JKN tersebut tidak terlepas dari komitmen Pemda Provinsi Papua Selatan meningkatkan derajat hidup masyarakat.

Kepesertaan JKN berdasarkan jumlah penduduk di wilayah Pemda Provinsi Papua Selatan terbagi atas 4 Kabupaten yakni Kabupaten Merauke telah mencapai 98,97%, Kabupaten Asmat 99,36%, Kabupaten Boven Digoel 99,63% dan Kabupaten Mappi 99,64%. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Hernawan Priyastomo menjelaskan pentingnya pemberian jaminan kesehatan bagi masyarakat, menurutnya salah satu hak dasar hidup layak yakni sebagai warga Negara Republik Indonesia yakni adanya jaminan kesehatan sebagai perlindungan manfaat pelayanan kesehatan khususnya yang berbiaya tinggi dan Pemda Provinsi Papua Selatan telah membuktikan hal tersebut.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemda Provinsi Papua Selatan. Kolaborasi dan komitmen yang terjalin telah membuahkan hasil yang sangat baik, terbukti dengan capaian cakupan kepesertaan JKN yang ada hingga saat ini. Pencapaian yang sangat luar biasa ini tentunya merupakan wujud kerja nyata dari Pemda, stakeholder, provider layanan kesehatan serta pemangku kepentingan lainnya yang telah ikut berkontribusi menyukseskan penyelenggaran Program JKN di bumi Animha ini, ”ucap Iyas.

Iyas melanjutkan, sebagai lembaga hukum publik, BPJS Kesehatan juga berkomitmen untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan bagi peserta JKN. Menurutnya, dengan capaian UHC kedepannya BPJS Kesehatan akan lebih fokus untuk meningkatkan kualitas layanan baik dari sisi administrasi kepesertaan, manfaat jaminan kesehatan hingga pemberiaan layanan kesehatan bagi peserta JKN. Ia menyebut bahwa capaian UHC ini harus dibarengi dengan kualitas mutu layanan kesehatan yang baik pula.

“BPJS Kesehatan Cabang Merauke berkomitmen akan terus berkolaborasi dengan Pemda Provinsi Papua Selatan melalui Dinas kesehatan serta fasilitas kesehatan yg bekerja sama untuk meningkatkan kualitas layanan untuk peserta JKN. Demi kepuasan peserta, perlu adanya kemudahan, kecepatan dan kepastian layanan, oleh karena itu kami siap menambah kerja sama dengan fasilitas kesehatan untuk memperluas akses layanan kesehatan. Perluasan kanal layanan administrasi kepesertaan yang mudah diakses oleh peserta JKN akan terus ditingkatkan dan dimaksimalkan. Dari sisi layanan kesehatan, saya berharap bisa bersama-sama mewujudkan layanan kesehatan yang berkualitas tanpa diskriminasi layanan kesehatan, ” ucapnya.

Lebih lanjut, Ia pun berharap dengan adanya kegiatan UHC Award ini, menjadi trigger bagi Pemda lainnya untuk meningkatkan cakupan perluasan kepesertaan JKN agar seluruh masyarakatnya mendapatkan jaminan kesehatan. 

“Kegiatan pemberian penghargaan tahun ini akan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin pada hari Selasa, 14 Maret 2023 yang bertempat di Balai Sudirman Jakarta, yang dihadiri oleh Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia yang telah mencapai UHC. Khusus Kabupaten di Provinsi Papua Selatan yakni Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Asmat dan Kabupaten Mappi turut hadir dalam kegiatan akbar tersebut. Besar harapan kami dengan kegiatan ini, Pemda Provinsi Papua Selatan tetap dapat mempertahankan bahkan meningkatkan cakupan perluasan JKN hingga 100% serta bisa menjadi percontohan bagi Pemda lainnya yang belum mencapai cakupan perluasan UHC,” tutupnya. (HDA)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.