Dewan Pengawas BPJS Kesehatan sebut Layanan Kesehatan di RSBP sudah bagus

Spread the love

tvpapua.com, Jayapura, 23/02

Merauke – Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Siruaya Utamawan, SE menggelar kegiatan Kunjungan Pengawasan Lapangan (KPL) di Kabupaten Merauke.

KPL kali ini, Siruaya menyambangi salah satu rumah sakit kerjasama BPJS Kesehatan yakni Rumah Sakit Bunda Pengharapan Merauke. Kegiatan tersebut didampingi langsung oleh Asisten Deputi Direksi Bidang SDMKP Kedeputian Wilayah XII, Mitra Akbar yang disambut baik oleh Direktur RSBP Merauke, Sr.dr. Maria Bertha, PRR . Sabtu (18/02).

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melihat secara langsung penerapan sistem layanan kesehatan bagi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Siruaya juga berharap bisa mendapatkan masukan atas implementasi program JKN di Kabupaten Merauke serta mendengarkan pelayanan secara langsung dari peserta JKN atas layanan yang didapatkannya.

“KPL ditujukan untuk meninjau secara langsung implementasi program JKN di Rumah Sakit serta saya ingin mendengarkan juga dari peserta JKN yang ada di RSBP atas pelayanan yang didapatkannya serta masukan-masukan yang membangun,” ucapnya.

Menyambangi beberapa ruangan pelayanan kesehatan yang ada di RSBP, Dewan Pengawas dari unsur pekerja tersebut menyebut bahwa alur layanan yang diterapkan di RSBP sudah sangat baik, sistem antrian online, display ketersediaan tempat tidur yang sudah terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN dinilainya sudah sangat baik, informatif dan petugasnya juga komunikatif.

“Sistem yang diterapkan di Rumah Sakit ini sudah sangat baik terlebih sudah ada antrian online, informasi ketersediaan tempat tidur dan tadi saya cek juga sudah terhubung juga dengan Aplikasi Mobile JKN. Sistem layanan seperti ini seharusnya sudah bisa menjadi percontohan bagi Rumah Sakit lain. Meskipun berada di Kabupaten Merauke yang kita kenal sebagai kabupaten ujung Indonesia namun sistem yang diterapkan tidak kalah bagus dengan daerah lain,” ucapnya.

Mendampingi kunjungan tersebut, Direktur RSBP Merauke menyampaikan beberapa hal terkait dengan sarana dan prasarana yang ada di Rumah Sakit tersebut. Ia menyampaikan bahwa masih ada beberapa sarana dan prasarana yang masih perlu di lengkapi dan semuanya masih berproses.

“Tentunya kami sangat senang atas kunjungan tersebut dengan harapan kami juga mendapatkan masukan untuk peningkatan mutu layanan kepada masyarakat khususnya peserta JKN. Banyak hal yang kami bicarakan salah satunya kelengkapan sarana dan prasarana dan memang kami masih dalam proses penyediaan alat kesehatan sesuai dengan kebutuhan,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Maria juga juga menyampaikan terkait dengan distribusi tenaga kesehatan khusunya dokter spesialis dan obat. Ia menyebut bahwa salah satu tantangan yang sering dihadapi yakni ketersediaan dokter spesialis.

“Saat ini masih terdapat dokter spesialis yang belum terisi, terkadang kami harus menghadirkan dokter spesialis dari Kabupaten Jayapura untuk waktu tertentu namun demikian juga sudah ada dokter spesialis yang sudah menetap. Distribusi obat juga menjadi hal penting yang telah kami bicarakan karena beberapa obat terkadang kosong dalam waktu yang cukup lama dan mudah-mudahan dengan kunjungan ini sudah ada perbaikan terkait dengan distribusi dan penyediaan obat ke Kabupaten Merauke”, ujarnya. (HDA)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.