Kantor Persiapan KPU Provinsi Papua Selatan Resmi Dicanangkan

Spread the love
Sekjen KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno didampingi Plh. Sekda Provinsi Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno dan Ketua KPU Merauke, Theresia saat meresmikan plang Kantor Persiapan KPU Provinsi Papua Selatan di Jalan Ahmad Yani Merauke/ HDA

tvpapua.com, Jayapura, 27/12

Merauke – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Bernad Dermawan Sutrisno secara resmi mencanangkan Kantor Persiapan Provinsi Papua Selatan di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Rabu  (21/12/2022).

Pantauan TvPapua.com, pencanangan Kantor Persiapan Provinsi Papua Selatan mengukir sejarah baru dan menjadi provinsi pemekaran pertama di Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua yang sudah memiliki KPU provinsi.

Sekjen KPU RI, Bernad Dermawan Sutrisno dalam sambutannya mengatakan, selain melaksanakan tahapan pemilu dan pilkada 2024 yang sudah berjalan, pembentukan Provinsi Papua Selatan harus didukung dengan pengisian pejabat baik eksekutif maupun legislatif sesuai dengan hasil pemilu yang demokratis. 

“Untuk bisa melakukan pengisian itu, maka instrumen yang dilakukan adalah melalui penyelenggara pemilu yaitu KPU. Ini instansi vertikal pertama yang mencanangkan KPU Provinsi Papua Selatan,” ungkapnya.

Bernad Dermawan Sutrisno menjelaskan, tugas fungsi dan kewenangan penyelenggaraan tahapan pemilu oleh KPU Provinsi Papua Selatan sudah berjalan. 

Dalam Perpu Nomor 1 tahun 2022 disebutkan bahwa sebelum terbentuknya KPU Provinsi Papua Selatan secara definitif, maka tugas-tugas fungsi dan kewenangan dalam penyelenggaraan tahapan pemilu dilakukan KPU RI.

Oleh karena itu, KPU RI memberikan tugas kepada KPU Provinsi Papua melaksanakan tugas di 3 DOB Papua. 

Dengan penunjukan beberapa komisioner. Setiap provinsi DOB mendapat 3 komisioner dari KPU Papua.

“Saya juga menunjuk beberapa staf untuk melaksanakan kesekretariatan KPU sehingga sejak hari ini semua tugas penyelenggaraan tahapan pemilu sudah berjalan di KPU Provinsi Papua Selatan,” tegas Sekjen.

Dalam waktu dekat, sambung Bernad Dermawan Sutrisno, mulai dilakukan penyerahan dokumen untuk calon DPD. Mulai dilakukan penerimaan dukungan calon. 

“Kami ucapkan terimakasih atas dukungannya. Kedepan mohon seluruh stakehokder bisa mendukung tugas KPU. Khususnya kepada pihak Pemda Provinsi Papua Selatan dapat mendukung terutama kita menyiapkan kantor KPU definitif,” pinta Sekjen.  

Dikesempatan yang sama, Plt Asisten I Sekda Provinsi Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno menuturkan, KPU Provinsi Papua Selatan akhirnya terbentuk setelah dicanangkan langsung oleh Sekjen KPU RI. 

“Ini merupakan langkah yang penting untuk menyukseskan pentahapan pemilu 2024,” ungkap Agustinus Joko Guritno.

“Semoga KPU Provinsi Papua Selatan bisa bekerja baik sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku,” ucap lulusan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) ini.

Selain itu, sambung Asisten Bidang Pemerintahah dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Papua Selatan, hadirnya KPU Provinsi Papua Selatan bisa menjaring aspirasi rakyat sehingga menghasilkan pemimpin bagi Provinsi Papua Selatan. 

“Pada akhirnya 2024 nantu akan memberikan hasil seorang gubernur definitif bagi Provinsi Papua Selatan yang akan memimpin kita semua dalam Daerah Otonomi Baru (DOB) yang baru diresmikan,”  tandas Agustinus Joko Guritno. 

Sementara itu, Ketua KPU Merauke Theresia Mahuze melaporkan, jumlah personel KPU Merauke sebanyak 26 orang pegawai plus komisioner. 

“Personel yang tidak banyak namun kami bersyukur. Kerja-kerja tahapan puji Tuhan, alhamdulillah sejak pileg dan pilpres 2019 serta pilkada 2020 tidak ada PSU,” tandasnya.

Selain itu, beber Theresia, KPU Merauke tidak ada gugatan atau sengketa di Mahkamah Konsititusi. 

Hal itu berkat dukungan stakehokder di Merauke. Terutama Pemkab Merauke selalu mendukung KPU Merauke sehingga kegiatan dilapangan berjalan baik.

“Keberhasilan ini juga karena hubungan yang baik dan mesra antara komisioner dengan sekretaris, sangat mesra,” pungkasnya. (HDA)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.