Tiba di Papua Penjabat Bupati Jayapura Disambut Masyarakat Adat

Spread the love
Ketua DAS Sentani, Origenes Kaway(kanan) saat menjemput Pj Bupati Jayapura Triwarno  Purnomo(kiri), di VIP Room Bandara Sentani/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 23/12

Sentani – Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno  Purnomo, tiba di Bandar Udara (Bandara) Sentani, dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia  sekira pukul 08.15 Wit.

Kedatangan Pj Bupati  Jayapura disambut meriah masyarakat adat yang langsung menjemputnya di pintu VIP Bandara.

Triwarno Purnomo sebelumnya dilantik Menteri Dalam Negeri  RI, Tito Karnavian di Kantor Kementerian Dalam Negeri RI pada 20 Desember 2022 lalu, kehadiran Pj Bupati  Jayapura ini guna menjalankan roda Pemerintahan sementara hingga 2024 mendatang.

Ketua Dewan Adat Suku ( DAS) Sentani, Origenes Kaway mengaku sangat  bersyukur  dengan kehadiran seorang pemimpin di Daerah ini, meski hanya menjalankan sistem Pemerintahan yang bersifat sementara. 

“Kita patut mengucap syukur kepada Tuhan, karena  sudah ada pemimpin yang datang untuk menjalankan roda pemerintahan, semua kita yang ada di daerah ini wajib memberikan dukungan penuh kepada pemimpin kita saat ini,” ujarnya  di sela-sela penjemputan Pj Bupati Jayapura di Bandara Sentani, Jumat  (23/12/2022).

Dikatakan, sebagai Kabupaten yang tertua, tidak boleh ada kekosongan jabatan Pemimpin Daerah, walaupun bersifat sementara dan kehadiran Pemimpin saat ini untuk mempersiapkan seluruh proses pelaksanaan pemilihan, baik kepala daerah maupun legislatif di 2024 nanti.

“Agar pemerintahan dan seluruh program pembangunan yang telah ditetapkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah 2023 dapat berjalan dengan baik dan tertib, maka semua komponen  harus berjalan bersama, melakukan evaluasi dan memberikan masukan terbaik bagi pemimpin dan tentunya untuk kepentingan kita bersama di daerah ini,” ungkapnya. 

Tokoh Masyarakat Kabupaten Jayapura, Friets Felle menyampaikan, dalam memasuki tahun politik dimana saat ini sedang dalam perayaan Nataru, masyarakat menyambut dengan penuh sukacita. 

“Intinya segala sesuatu tidak boleh dipolitisir untuk kepentingan oknum maupun kepentingan sesaat. Situasi ini harus dilewati dengan penuh rasa sukacita karena memasuki tahun baru, ada pemimpin baru, ada rencana baru dan pikiran-pikiran cerdas yang baru untuk  bekerja sama dalam setiap proses pembangunan yang dilaksanakan,” tutur Felle. 

Menyoal penolakan kehadiran Pj Bupati Jayapura sebelumnya oleh oknum-oknum masyarakat maupun kelompok masyarakat,  hal itu adalah dinamika dalam penyampaian aspirasi. 

“Faktanya bahwa, saat ini sudah ada penjabat bupati, kita semua wajib berjalan bersama dan memberikan dukungan penuh kepada penjabat bupati yang baru,” katanya. 

Terkait dengan kedatannya yang disambut Masyarakat Adat, Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo memberikan apresiasi kepada seluruh komponen masyarakat adat yang telah bersukacita dalam proses penjemputan di Bandara Sentani. 

“Saya sangat bersukacita dan berterimakasih atas dukungan awal seperti ini. Tentunya semua komponen masyarakat, adat, pemuda dan paguyuban nusantara akan bersama- sama mengawal seluruh proses pembangunan yang akan berjalan di wilayah kabupaten  jayapura,” Tutupnya mengakhiri wawancara. (QB)

Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.
Hello there
Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews.