Peringati Hari AIDS Sedunia, Tongoi Papua Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Spread the love
Peringati Hari AIDS Sedunia, Panitia Bersama gelar berbagai kegiatan dengan mengusung tema global ”Equalize”, dan tema nasional “Satukan Langkah Cegah HIV Semua Setara Akhiri AIDS”/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 01/12

Timika – Peringati Hari AIDS Sedunia, Panitia Bersama gelar berbagai kegiatan dengan mengusung tema global ”Equalize”, dan tema nasional “Satukan Langkah Cegah HIV Semua Setara Akhiri AIDS”.

Peringatan Hari AIDS Sedunia berlokasi di SMP Kristen Arastamar ( SMP Kartika), Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Kamis (1/12).

Ketua Umum Tongoi Papua, Frans Pigome yang diwakili oleh Wakil Ketua DPP, Bertha Ibo dalam sambutannya menyampaikan bahwa, peringatan Hari AIDS Sedunia yang dilakukan bersama Siswa SMP Kartika SP 1, Distrik Wania Kab. Mimika sebagai bentuk kepedulian Tongoi Papua atas upaya semua pihak dalam menanggulangi tingginya angka Penderita HIV AIDS di Timika.

“Sesuai dengan penyampaian Ketua Panitia Baksos bahwa 85% penderita ada diusia 20-49 tahun, artinya anak-anak kita (SMP) akan menuju ke usia yang disebutkan tersebut. Perlu ada upaya bersama dalam menekan peningkatan angka ini,” ucapnya.

Diterangkan Bertha, adanya sosialisasi atau penyampaian informasi tentang HIV AIDS diusia muda sangat penting dilakukan guna menyelamatkan generasi muda kedepan. 

Wakil Ketua DPP Tongoi Papua, Bertha Ibo saat memberikan sambutan/ Istimewa

“Pendidikan hidup sehat, bertanggungjawab terhadap diri sendiri dimulai dari lingkungan keluarga, orangtua kepada anak kemudian anak meneruskan informasi ini kepada teman disekelilingnya dengan harapan semakin banyak yang tahu, mengerti dan memahami informasi tentang penyebaran HIV AIDS serta langkah-langkah pencegahannya,” terangnya.

Untuk itu Bertha berharap, kegiatan positif seperti ini perlu terus dilakukan, tidak hanya pada moment Hari AIDS saja, agar semakin banyak orang tertolong lewat informasi yang baik dan benar, karena HIV AIDS adalah Sillent Killer. 

“Penyebarannya tidak terlihat kasat mata namun pasti dan mematikan, “ tegas Bertha.  

Ditempat yang sama, Achmad Yani, Ketua Panitia juga merupakan karyawan Community Health Development (CHD) PTFI menyampaikan pihaknya telah menyelenggarakan beberapa kegiatan sebelumnya dan puncaknya acara adalah pada peringatan Hari AIDS Sedunia. 

Foto Bersama usai Pelaksanaan kegiatan Hari AIDS Sedunia/ Istimewa

“Selama bulan November, kita telah melakukan berbagai kegiatan, antara lain, sosialisasi HIV AIDS sebanyak 12 kali bagi 460 pelajar dan lomba menggambar bertemakan Hari AIDS yag diikuti 18 pelajar, dan di puncak acara hari ini ada bakti sosial serta penyerahan hadiah lomba bagi para pemenang,” urainya.

Rangkaian seluruh kegiatan peringatan Hari AIDS Sedunia, merupakan inisiasi Panitia Bersama yakni, Pemerintah Distrik Wania, Puskesmas Wania, Tongoi Papua (Sponsor Utama), PT. Freeport Indonesia (PAD dan CHD Departement),Komunitas Masyarakat (Pijar, Group Timika, Relawan AIDS, Forum Pemuda Peduli AIDS, Kelompok Support ODHA dan pendukung lainnya. (QB)