LPA-PN Resmikan Kafe Mengge di Anak Langit Area Holtekam

Christomus Awi Wamuar, Gembala Gbgp Sion 1 Abe Pantai, saat melakukan pengguntingan pita peresmian Kafe Mengge bersama Ketua Lembaga Perempuan Adat Port Numbay, Nerlince Wamuar Rollo dan Perwakilan Mama-mama dari 10 kampung/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 15/02

JAYAPURA – Lembaga Perempuan Adat Port Numbay meresmikan Kafe Mengge, yang berlokasi di Anak Langit Area, tepatnya di  Pasar Mama-mama Port Numbay, di Jalan Raya Jembatan Youtefa Holtekam, Kota Jayapura.

Ketua Lembaga Perempuan Adat Port Numbay, Nerlince Wamuar Rollo menjelaskan Kafe Mengge ini adalah hasil karya dari Perempuan Port Numbay.

“Jadi, Mengge ini dalam bahasa Nafri artinya yaitu “Perempuan”, jelasnya.

Nerlince menerangkan, Kafe ini agak berbeda dengan kafe-kafe lainnya di Kota Jayapura. Disini ada dua area yakni untuk umum dan  area khusus untuk Perempuan.

“Ada alasan kenapa sampai kami desain dua area, yang pertama kami adalah lembaga perempuan adat Port Numbay, sehingga kami ingin menunjukan adat istiadat kami”, ujarnya.

Lebih lanjut diterangkan, adat kami yaitu, para-para adat laki-laki tidak bisa perempuan berada di tempat tersebut. Demikian sebaliknya kalau para-para perempuan, laki-laki tidak bisa masuk.

“Itu alasannya, sehingga apabila orang berkunjung ketempat ini, mereka dengan sendirinya bisa mengetahui adat istiadat kami orang Port Numbay”, terangnya.

Ditambahkannya, kehadiran kafe ini juga sebagai salah satu bentuk eksistensi lembaga yang dipimpinnya.

“Kami ingin tunjukan kepada orang lain bahwa kami Perempuan Port Numbay ada di Kota ini. Kami tidak ingin tergilas diatas tanah kami sendiri”, tandasnya.

Untuk itu, Ia mengimbau kepada masyarakat Kota Jayapura, jika berkesempatan bisa mampir menikmati hidangan khas Port Numbay dan indahnya pemandangan teluk Youtefa dengan pelayanan terbaik dari Kafe Mengge, pungkasnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: