Jenasah Wagub Papua Klemen Tinal Direncanakan Tiba Sabtu Pagi

Sekda Papua Dance Yulian Flassy saat memberikan keterangan kepada awak media usai menggelar rapat bersama Forkopimda/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 22/05

JAYAPURA – Sekretaris Daerah Papua Dance Yulian Flassy mengatakan, jenazah Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal direncanakan akan tiba, Sabtu (22/05/2021) pagi di Jayapura.

Hal tersebut disampaikan Sekda Papua usai menggelar rapat bersama Forkopimda di Jayapura, Jumat (21/05/2021).

“Jenasah rencananya diberangkatkan dari Jakarta, Jumat (21/05/2021) malam dan akan tiba di Jayapura, Sabtu (22/05/2021) pagi, menggunakan maskapai penerbangan Garuda Airlines,” katanya.

Dia menjelaskan, setelah tiba, jenasah kemudian akan disemayamkan di Gedung Negara Dok V Jayapura, kemudian pada Minggu (23/05/2021) diberangkatkan ke Timika menggunakan pesawat Hercules TNI sesuai keputusan bersama yang disepakati dalam rapat Forkopimda.

“Untuk para pejabat yang mengantar jenasah ke Timika, kami menggunakan pesawat carteran, hal ini telah dikomunikasikan dan putusannya, jenasah harus dilepas oleh Pemerintah Provinsi Papua kepada pihak keluarga,” jelasnya.

Ia menerangkan untuk proses pemakaman rencananya akan dilakukan pada Senin (24/5/2021), di pendopo milik almarhum, di Timika, namun masih menunggu keputusan dari pihak keluarga.

“Rencananya pemakaman dilakukan Senin (24/05/2021), tetapi keputusan ada ditangan keluarga, kami hanya mengikuti,” terangnya.

Dance Flassy menyampaikan untuk upacara penghormatan jenasah, Pemprov Papua tidak akan melakukan upacara secara militer.

“Pemprov Papua akan menangani secara keseluruhan tetapi tetap akan dipandu oleh TNI-Polri,” ucapnya.

Ditambahkan, pihaknya akan mengibarkan bendera setengah tiang selama tujuh hari sebagai penghormatan terhadap almarhum yang merupakan pejabat negara.

“Ini akan kami sampaikan kepada masyarakat dan instansi pemerintah melalui surat edaran yang dikeluarkan Pemprov Papua,” tandasnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: