Muhadjir Efendy: Perekonomian Papua Akan Kembali Normal, Jika Angka Penyebaran Covid-19 rendah

Suasana Rapat Koordinasi  Penanganan Covid-19 Bupati Wali kota se-Papua via video Confrence Bersama Gugus Tugas Pusat/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 08/07

JAYAPURA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan perekonomian di Provinsi Papua akan kembali normal jika angka penyebaran dan angka kematian pasien positif Covid-19 semakin rendah.

“Saya yakin Papua mampu menekan angka penyebaran dan angka kematian positif Covid-19 serendah mungkin, dengan begitu perekonomian di Papua dapat pulih kembali,” katanya di Jayapura, Selasa (07/07).

Dijelaskan Muhadjir, ancaman COVID-19 ini belum selesai dan semua pihak belum mengetahui kapan akan berakhir.

“Untuk sekarang ini bagaimana menekan angka kematian serendah mungkin, semakin rendah kematian semakin akan baik. Kita jangan meremehkan Covid-19,” jelasnya.

Dia menilai dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 untuk Provinsi Papua sudah cukup baik, semua berkat kerja keras semua pihak, juga pimpinan daerah bersama Forkopimda.

“Kinerja semua pihak harus diapresiasi dalam memerangi pandemi Covid-19 di Provinsi Papua,” ujarnya.

Muhadjir Effendy mengingatkan untuk tetap menjaga diri, karena Covid-19 ini termasuk virus cerdas sulit dikendalikan dan daya tularnya sangat mendadak dan cepat.

“Pesan saya kepada seluruh jajaran baik di provinsi maupun kabupaten/kota setiap ada kasus segera diadakan kontak trecing, susuri betul setelah itu dikelompokan siapa yang ODP, PDP dan siapa yang sudah terjangkit segera di isolasi baik di rumah sakit maupun di rumah,” tuturnya.

Dirinya menilai fasilitas kesehatan di Papua sudah cukup baik, namun jika memang masih ada kebutuhan untuk melengkapi berbagai fasilitas, hal tersebut dapat di koordinasikan dengan Kementerian Kesehatan.

“Siapkanlah semaksimal mungkin, siapkan amunisi sebanyak-banyaknya. Karena kalau salah tafsir terhadap Covid-19 ini, kita bisa kewalahan,” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Putranto bersama Kepala BNPB Doni Monardo, Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Ganip Warsito, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melky Laka L, Plt Deputi III Dody Ruswandi, Deputi V Prasinta, Pakar Prof. Wiku, Laksma TNI Ribut Eko dan 37 staf lainnya. Selasa (07/07) siang sekitar pukul 13.59 WIT tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Menteri dan rombongan terbang ke Provinsi Papua khususnya Jayapura dari Manokwari Papua Barat, dengan pesawat TNI AU, B737/A-7306, pilot Mayor PNB A. R. Hakim.

Rombongan disambut Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Setda Provinsi Papua Muhammad Musa’ad, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro bersama Forkompimda, Danlanud Silas Papare Marsma TNI Dr. Budhi Achmadi, M.Sc, Kapolres Jayapura AKBP Dr. Victor D. Mackbon, SH, S.IK, MH, M.Si, dan pejabat lainnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: