14 Kabupaten di Papua Diharapkan Pertahankan Zona Hijau

Suasana Rapat Koordinasi  Penanganan Covid-19 Bupati Wali kota se Papua via video  Confrence Bersama Gugus Tugas Pusat/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 08/07

JAYAPURA – Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putratanto harapkan Provinsi Papua dapat mempertahankan 14 kabupaten yang masuk dalam zona hijau dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

“Secara umum keadaan di Provinsi Papua sangat baik, ada 14 kabupaten masuk zona hijau yang sampai hari ini belum tersentuh Covid-19,” katanya kepada wartawan usai Rapat Koordinasi  Penanganan Covid-19 Bupati Wali kota se-Papua via video Confrence bersama Gugus Tugas Pusat di Jayapura, Selasa (07/07).

Dijelaskan untuk mempertahankan wilayah zona hijau  yang belum tersentuh Covid-19 tersebut, tidak dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan dari seluruh komponen masyarakat.

“Modal utama dalam melawan Covid-19 di wilayah yang belum tersentuh yakni dengan melibatkan seluruh masyarakat, baik itu kepala suku, kepala kampung, juga ketua RT/RW yang secara bersama bersatu padu, gotong-royong membantu pimpinan daerah,” jelasnya.

“Saya kagum, dengan etos kerja yang dimiliki para pemimpin daerah di Papua dalam mengendalikan Covid-19,” tambahnya.

Meski angka kasus Covid-19 di Papua cukup tinggi, Terawan mengakui kemampuan semua stakehoker mengendalikan virus tersebut sangat luar biasa.

“Sebagai contoh kasus Kabupaten Mimika setiap hari puluhan orang terpapar, kami sempat kuatir karena keterbatasan fasilitas yang ada di Papua, penyebaran Covid-19 tidak bisa dikendalikan. Tetapi pada kenyataannya banyak yang mengalami kesembuhan, ini menunjukan sebuah prestasi yang luar biasa,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Pusat juga Kepala BNPB Doni Munardo  menyampaikan Kementerian Kesehatan dan BPBN telah menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) kepada provinsi Papua sebanyak 85.888, masker bedah sebanyak 758, masker N 95 sebanyak 2960, medical gloves sebanyak 13.300, get ekspert sebanyak 600, ventilator sebanyak 4 unit, rapid test sebanyak 14400, rapid test anti gen 2250, PCR reagen 30472, reagen RNA sebanyak 28400, VTM sebanyak 7400 dan beberapa perlengkapan lainnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: