Pemprov Papua Dan PNG Akan Bertemu Bahas Pembukaan PLBN Skouw

Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri (BPPKLN) Provinsi Papua, Suzana Wanggai, saat memimpin rapat bersama pihak terkait/ QB

tvpapua.com, Jayapura, 18/06

JAYAPURA – Badan pengelola dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua gelar pertemuan dengan pihak terkait, membahas rencana pembukaan jalur Pos Lintasan Batas Negara (PLBN) Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzana Wanggai ditemui usai kegiatan menjelaskan rapat ini digelar sebagai persiapan pertemuan antara Pemerintah Indonesia (Pemerintah Papua)  dengan PNG guna membahas skenario pembukaan jalur PLBN Skouw.

“Kita belum ada gambaran rapatnya akan seperti apa, yang pasti kita akan saling bertukar informasi seputar Covid-19,” jelasnya, Selasa (16/06).

Menurutnya PNG merupakan salah satu negara yang tingkat kasus penyebaran Covid-19 nya rendah, sehingga akan dilakukan pembahasan mendetail, saat kedua Negara bersepakat membuka akses keluar masuk.

“Jadi intinya saling tukar informasi tentang kasus Covid dan penanganannya di negara kita seperti apa, demikian sebaliknya. Karena saat ini kita sudah sampai pada tahap relaksasi, langkah apa yang kemudian akan dilakukan oleh kedua negara untuk di perbatasan nanti,” katanya.

Lebih lanjut Suzana Wanggai menerangkan pertemuan dengan Pemerintah PNG rencananya akan dilakukan minggu depan, namun pihaknya akan berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat  dalam hal ini Kemenlu, BNPP dan kedutaan.

“Apa yang Kita bahas menjadi kebutuhan bersama, karena Kita saling membutuhkan,” ujarnya.

“Pembukaan PLBN nanti harus tetap mengacu pada protokol kesehatan. Hal ini penting dalam membangun kerjasama dua negara dan pertukaran informasi dalam saluran diplomatik, ” tambahnya. (QB)

%d blogger menyukai ini: