Menumbuhkan Kepedulian Memutus Rantai COVID-19

Bawaslu Kota Jayapura membagikan bantuan masker dan vitamin di RS Marthen Indey/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 08/04

JAYAPURA – Wabah Covid-19 yang saat ini menjadi pandemik global telah membuat ribuan nyawa meninggal dunia. Ratusan negara di dunia tengah berjibaku menghadapi virus mematikan yang merupakan varian dari SARS dan MERS ini. Tidak terkecuali Indonesia.

Di Provinsi Papua, berdasarkan rilis yang disampaikan oleh Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Papua, saat ini terdapat 3.498 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 45 Pasien Dalam Pengawasan (PDP). 19 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Sedangkan untuk pasien Covid-19 meninggal sebanyak 2 orang, dan 5 orang dinyatakan sembuh.

Di Kota Jayapura sendiri, hingga pada 6 April 2020, Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura merilis 12 orang pasien positif Covid-19. Sedangkan ODP dan PDP masing-masing sebanyak 1.261 dan 13 orang. Selain itu terdapat satu orang pasien yang meninggal dunia, dan tiga orang telah dinyatakan sembuh.

Bawaslu Kota Jayapura sejak awal sadar, bahwa menyebarkan angka-angka ini sesungguhnya hanya menambah narasi destruktif di masyarakat terhadap wabah ini. Padahal narasi yang menghadirkan kecemasan dan ketakutan, tidak akan membantu menyelesaikan masalah. Jauh lebih parah, narasi-narasi ini justru hanya akan melemahkan kekuatan imunitas tubuh kita.

Meski demikian, angka-angka ini harus disampaikan agar masyarakat luas menyadari akan bahaya Covid-19. Rilis angka-angka ini juga diharapkan agar masyarakat semakin disiplin mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap berada di dalam rumah dan menerapkan physical distancing. Karena tetap di rumah dan menjaga jarak fisik diyakini menjadi kunci utama memutus penyebaran Covid-19.

Di tengah situasi yang tidak menentu akibat wabah ini, hal yang paling dibutuhkan adalah menumbuhkan semangat kepedulian dan volunterisme. Pemerintah tidak akan bisa bekerja sendirian. Pun petugas medis sendiri tidak mampu untuk menanganinya.

Perlu aksi pedulidan kontribusi seluruh pihak untuk bekerja sama, dan sama-sama bekerja guna menanggulangi dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Tidak saja pemerintah dan petugas medis. Tetapi juga kelompok swasta, dunia usaha dan semua elemen masyarakat.

Dalam semangat menumbuhkan kepedulian itulah, pada Selasa, 7 April 2020, Bawaslu Kota Jayapura menyerahkan sumbangan 240 unit masker dan delapan kotak Vitamin C kepada petugas kesehatan di Rumah Sakit Marthen Indey, Jayapura.

Bawaslu Kota Jayapura menyadari bahwa dukungan ini sangatlah kecil untuk membantu petugas kesehatan yang saat ini menangani pasien Covid-19. Dukungan ini tentu juga tidak dapat dibandingkan dengan semangat juang dan pengorbanan yang telah diberikan oleh petugas medis. Namun Bawaslu Kota Jayapura berharap, bahwa dukungan ini dapat meringankan beban para pahlawan kemanusiaan kita yang berada di garis terdepan penanggulangan Covid-19.

Dukungan Bawaslu Kota Jayapura tersebut diterima langsung oleh Kepala Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Marthen (RSMI) Indey, Anike Rahareng. Atas nama Kepala RSMI, beliau menyampaikan terima kasih atas kepedulian Bawaslu Kota Jayapura. Menurutnya, bantuan ini sangat berarti dalam upaya pengentasan Covid-19 ini.

Dengan adanya dukungan ini, diharapkan petugas kesehatan dapat bekerja lebih baik. Sedangkan untuk Vitamin C, menurutnya, hanya akan diberikan kepada petugas kesehatan yang langsung menangani pasien Covid-19. Sebagai informasi tambahan, Petugas yang langsung melayani pasien Covid-19 di RSMI, saat ini tidak diizinkan untuk pulang ke rumah.

Terkait dengan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) petugas medis, yang dianggap sangat mendesak pemenuhannya saat iniadalah masker N-95 dan sarung tangan panjang.

Sejauh ini, pihak RSMI juga telah menerima donasi dari beberapa kelompok masyarakat berupa makanan untuk petugas kesehatan. Mereka juga telah menerima sumbangan dari Persit Kartika Chandra Kirana, dan Kepala Staf Angkatan Darat berupa vitamin yang juga diperuntukkan bagi petugas kesehatan.

Hormat kami untuk para dokter, perawat dan semua petugas kesehatan yang terus berjibaku menangani Covid-19. Hormat kami juga kepada pemerintah yang terus berusaha menekan angka penyebaran Covid-19. Serta hormat kami kepada seluruh pihak yang telah bahu-membahu mengatasi wabah Covid-19 ini.

Kepada masyarakat Kota Jayapura, Bawaslu Kota Jayapura mengharapkan dukungannya dengan cara mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap berada di dalam rumah serta disiplin menerapkan physical distancing. Menjaga diri agar tetap sehat serta tidak mudah terhasut oleh berita-berita yang menyesatkan.

Izinkan kami mengucapkan Selamat Hari Kesehatan se-Dunia, 7 April 2020. Semoga kita semua dapat memaknai hari ini untuk terus menumbuhkan semangat peduli terhadap tugas dan tanggung jawab para petugas kesehatan. Sekaligus momentum kita semua untuk meningkatkan kualitas kesehatan diri dan lingkungan kita.

%d blogger menyukai ini: