Wakil Gubernur Papua Lantik dan Kukuhkan Pimpinan OPD

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal saat Melantik dan Mengukuhkan Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Papua/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 23/01

JAYAPURA – Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, SE MM Melantik dan Mengukuhkan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Fungsional Analisis Kebijakan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Papua. Berlangsung di Gedung Negara Dok V Jayapura. Kamis (23/01).

Dari 51 Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dirampingkan menjadi 35 OPD, dimana wajah lama masih nampak terlihat diantaranya Asisten I, II, dan III Setda Papua, Kadis Pertanian, Kadis Perikanan Kelautan, Kadis Kehutanan.

Wakil Gubernur Papua menjelaskan langkah restrukturisasi ini sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodod (Jokowi) ketika menyampaikan program prioritas kebijakan nasional pada saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden beberapa bulan yang lalu.

“Pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat fungsional analis kebijakan di lingkungan Pemprov Papua, yang dilakukan saat ini telah melalui proses, sebagaimana diatur dalam Undang -Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 tahun 2019 tentang pengisian jabatan pimpinan tertinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah serta telah mendapat rekomendasi dari Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-4459/KASN/12/2019 tanggal 23 Desember 2019 dan Nomor B-232/KASN/1/2020 tanggal 16 Januari 2020,” katanya.

Sedangkan pelantikan pejabat fungsional analis kebijakan madya, didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 45 tahun 2013 tentang jabatan fungsional analis kebijakan dan angka kreditnya. Pengangkatan tersebut telah mendapat rekomendasi dari Ketua Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai instansi pembina.

Wagub mengatakan dalam waktu dekat masih akan ada pelantikan pimpinan OPD. Hal ini dilakukan agar apa yang sudah diputuskan dalam APBD Papua bisa segera bergerak dan berjalan.

“Hal ini akan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia, Papua telah menjalankan kebijakan Presiden Jokowi, yakni miskin struktur tapi kaya fungsi,” ujarnya.

Dirinya juga meminta para pimpinan OPD yang baru dilantik untuk memberikan contoh yang baik. Sebab, jabatan ini tidak harus menunjukkan sikap otoriter, percaya diri, dan berlebihan.

“Jangan merasa hebat jadi kepala dinas, tapi yang harus dilakukan adalah mampu menjalani tugas-tugas yang dipercayakan untuk membangun Papua dan melayani masyarakat,” katanya.

“Bagi yang belum terpilih tetap harus bersukacita karena jadi orang bebas yang bisa beri masukan. Intinya, jalankan sosial kontrol karena kalian orang penting di Provinsi Papua,” sambungnya.

Berikut daftar nama pimpinan OPD yang baru dilantik:

Asisten Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah Provinsi Papua Doren Wakerkwa, SH, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi Papua Dr. Drs. Muhammad Musaad, MSi, Asisten Bidang Umum Sekretaris Daerah Provinsi Papua Dr. Muhammad Ridwan Rumasukun, SE, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Papua Linda Stelda Onimbala, SSos, MM, Kepala Biro Umum Setda Provinsi Papua Emi Enembe, SIP, MSi, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Papua Juliana J Waromi, SE, MSi, Sekretaris Majelis Rakyat Papua Drs. Wasuok Siep, Inspektur Provinsi Papua Drs. Anggiat Situmorang, MSi, AK.Ca, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Papua Yohanes Walilo, SSos, MSi, Kepala Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua Suzana Dewijana Wanggai, SPd, Msok, SC.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Papua Dr. Nus Weya, SPAK, SE, MM, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Papua MB Setiyo Wahyudi, SE, MM, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua Aryoko AF Rumaropen, SP, M. Eng, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua Drs. Nikolaus Wenda, MM, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Bencana Provinsi Papua Welliam Robertzon Manderi, SIP, MSi, Direktur RSUD Jayapura Provinsi Papua drg. Aloysius Giyai, M.Kes, Direktur RSUD Abepura dr. Daysy Chostance Urbinas, Direktur RSUD Jiwa Abepura dr Anton Motte, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jeri Agus Yulianto, S. Kom, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dan Orang Asli Papua Provinsi Papua Yopi Murib, SE, MM, Kepala Dinas Perindutrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua Ir. Omah Laduani Ladamay, MSi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Yimin Weya, SPd, M.AP, Kepala Dinas Sosial, Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua Dr. Ribka Haluk, SSos, MM, Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua Jap Jan Ormuseray, SH, MSi, Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Lukas Christian Sohilait, ST, MSi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Drs. Fransiscus Xaverius Mote, MSi, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Ir. Semuel Siriwa, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Provinsi Papua Girius One Yoman, SPd, MT.

Sementara itu, pejabat fungsional analis kebijakan madya pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua dijabat. Masing-masing Yohana Orpa Anna Rumbiak, Israil Ilolu, Naftali Yogi, Rika Monim, Gerson Djitmau, Markus ME Olua, Luther B, Daud Ngabalin, Jhon Dominggus Nahumuri, Anike Rawar, Donatus Motte, dan Hans Hamadi. (QB)

%d blogger menyukai ini: