Pemprov Apresiasi Kapal Pengawas Dinas Kelautan dan Perikanan Papua

KN Korase, Kapal Pengawas Dinas Kelautan dan Perikanan Papua/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura, 14/12

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi mengapresiasi kehadiran Kapal KN Korase milik Dinas Kelautan dan Perikanan Papua yang dihibahkan oleh Pemerintah Pusat melalui dana DAK 2019.

Asisten ll Sekda Papua, M Musa’ad yang membidangi perekonomian dan kesejahteraan rakyat, mengatakan kehadiran kapal ini nantinya akan meminimalisir penangkapan ikan secara ilegal di wilayah perairan Papua.

“Kapal ini bisa mendeteksi semua yang terjadi di sekeliling kapal, sehingga membantu dalam menjaga sumber daya alam terutama sumber daya laut dan perikanan kita yang selama ini banyak diambil oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” katanya usai melakukan peresmian yang berlangsung di Galangan Kapal Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Papua, Jumat (13/12).

Musa’ad menjelaskan dengan kapal pengawas modern tersebut dapat memotivasi pihak Dinas Perikanan dan Kelautan guna menekan terjadinya ilegal fishing.

“Seperti kita ketahui apa yang terjadi disini banyak terjadi di Negara lain, tetapi kita tidak dapat berbuat apa-apa karena keterbatasan peralatan dan sarana, idealnya mesti ada empat kapal, tetapi dengan satu kapal ini diharap bisa menekan terjadinya pencurian ikan,” ujarnya.

Musa’ad berharap ini akan menjadi awal yang baik untuk meningkatkan PAD Papua di bidang kelautan dan perikanan. Ia mengimbau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya di Papua melakukan terobosan serupa untuk melindungi kekayaan alam yang ada di perairan Papua.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, FX Mote meyakini pengawasan terhadap pelanggaran-pelanggaran penangkapan liar ataupun pengambilan ikan yang tidak sesuai dengan izin penangkapan di wilayah perairan Jayapura dapat diminimalisir dengan adanya KN Korase.

“Kapal pengawasan KN Korase ini bersumber dari DAK 2019, kapal berukuran 16 meter ini mampu beroperasi dengan kecepatan maksimal sekitar 50 knot per jam dan dilengkapi peralatan modern seperti GPS,” katanya. (QB)

Post Tagged with , , ,

%d blogger menyukai ini: