Dua Gunung di PNG Meletus, Papua Siap Bantu 20 Ton Beras

Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, SIP, MH/ Istimewa

tvpapua.com, Jayapura (28/07)

Dua gunung di Papua New Guinea (PNG) meletus pada akhir Juni 2019 lalu. Masing –masing Gunung Manam dan Gunung Ulawun di Provinsi West New Britain, menyebabkan sekitar 15.000 orang mengungsi di delapan titik pengungsian.

Untuk itu, Papua siap membantu 20 ton beras. Bantuan ini akan dikirimkan dalam waktu dekat melalui Provinsi Madang. Demikian diutarakan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH di Jayapura, Sabtu (27/07).

Saat berkunjung ke PNG beberapa hari lalu, Gubernur Enembe bertemu dengan Gubernur West New Britain, Francis Maneke di Port Moresby. Gubernur Maneke mengatakan kepada Gubernur Enembe, sekitar 15.000 orang harus mengungsi di delapan lokasi pengungsian sejak kedua gunung memuntahkan aliran piroklastik (hasil letusan gunung berapi yang bergerak cepat, terdiri dari gas panas, abu vulkanik, dan bebatuan) berbahaya ke lereng gunung. Para pengungsi ini memerlukan bantuan bahan makanan, air, dan tempat berlindung.

“Saya telah berkoordinasi dengan Sekda Provinsi Papua dan Bupati Merauke, untuk mengirimkan bantuan beras ini secepatnya,” kata Gubernur.

Selain membicarakan soal bantuan beras untuk pengungsi, Gubernur Enembe dan Gubernur Maneke juga berdiskusi tentang peluang kerjasama perdagangan antara kedua provinsi.

“Kerjasama yang kami bicarakan adalah kerjasama di bidang pertanian, turisme, kehutanan, perikanan dan transportasi,” ujar Gubernur Enembe.

Untuk mewujudkan kerjasama ini dalam perjanjian kerjasama, Gubernur Enembe, mengundang Gubernur Maneke berkunjung ke Papua pada bulan Oktober nanti setelah bantuan beras untuk korban gunung meletus dilakukan.

West New Britain adalah provinsi di Kepulauan New Britain, PNG. Luas provinsi ini sekitar 20.387 km² dengan populasi sekitar 300 ribu jiwa. Selain memiliki perkebunan kelapa sawit utama di PNG, industri kehutanan dan pariwisata merupakan komoditi utama di provinsi ini. (QB)

%d blogger menyukai ini: