Pemkab Nduga siap Jamin Pelaksanaan UN

Caption : Wakil Bupati Kabupaten Nduga, Wentius Nimiangge didampinggi Kasubag Umum LPMP Papua, Ponto Yelipele/ MD

tvpapua.com, Jayapura, 03/02

Wakil Bupati Kabupaten Nduga, Wentius Nimiangge mengatakan jika pihaknya tetap berupaya untuk menjamin kesuksesan agenda nasional yang salah satunya yakni terkait pendidikan yang hanya tinggal menyisakan beberapa bulan menuju Ujian Nasional.

“Kondisi keamanan sudah berangsur kondusif di ibukota dan pendidikan sudah berjalan juga. Ujian itu adalah agenda nasional, jadi semua sekolah harus siap berikan materi dan tanggung jawab,” katanya kepada sejumlah wartawan saat menggelar konferensi pers di Jayapura, Sabtu (02/02) kemarin.

Secara keseluruhan dibeberapa wilayah belum sepenuhnya kondusif, Wentius mengimbau agar masyarakat yang mengungsi ke daerah lain hingga ke Wamena, dapat segera kembali dan beraktifitas seperti biasa.

“Untuk ujian nanti bagi sekolah yang tidak ada gangguan di wilayahnya bisa digelar di tempat. Dan yang masih ada gangguan seperti dari Yuguru sampai di Mbua diarahkan ke kenyam, selain daerah itu masih normal di distrik masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Ponto Yelipele mewakili Kementerian Pendidikan, Kepala Sub Bagian Umum Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Papua, mengatakan bahwa pihaknya sangat menghendaki proses belajar mengajar di Kabupaten Nduga dapat berjalan seperti biasanya.

“Kami sebagai perpanjangan tangan dari kementerian pendidikan menyampaikan duka yang mendalam atas insiden yang terjadi di Nduga selama beberapa waktu, dan kami sangat menyayangkan hal ini harus terjadi. Tapi dalam kondisi apapun, kami sangat menghendaki agar layanan pembelajaran terkait proses belajar mengajar harus berjalan karena itu penting,” katanya.

Ponto mengungkapkan bahwa pihaknya sangat berharap agar pemerintah setempat dapat menjamin para siswa sekolah di Kabupaten Nduga untuk mengikuti tahapan Ujian Nasional yang akan berlangsung pada 1 April bagi tingkat SMA.

“Kami sangat berharap pemerintah dan pihak terkait harus menjamin bahwa anak-anak sekolah ini harus melaksanakan ujian secara baik. Dan sekarang ini adalah waktunya untuk mereka harus latihan LKS dan seterusnya, sehingga kami tim dari kementerian juga nanti akan turun di lapangan mengecek sejauh mana kita siapkan itu agar bisa berjalan,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika kementerian juga segera menurunkan tim untuk melihat langsung kondisi para siswa sekolah yang mengungsi di Wamena yang kabarnya menggelar proses belajar mengajar di gereja-gereja untuk memastikan kesiapan dan kondisi mereka menuju hari pelaksanaan ujian.

“Kami akan membuat satu langkah untuk mengajak dan menggandeng para kepala dinas dan kepala sekolah disana. Kita juga sudah lakukan pendekatan dengan pemerintah dan sudah mengekspos situasi dengan pihak luar, karena ini situasi nasional dan semua orang mesti melihat ini dan akan kita coba langkah persuaif dan tim kami akan berada di lapangan untuk mengawal itu,” katanya. (MD)

%d blogger menyukai ini: