Festival Kopi Papua Resmi Digelar

Caption : Festival Kopi Papua yang digelar di halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua/ MD

tvpapua.com, Jayapura, 03/08

Festival Kopi Papua akhirnya resmi digelar untuk pertama kalinya atas inisiasi Perwakilan Bank Indonesia Papua bersama sejumlah Perbankan juga Pemerintah Provinsi Papua, Jumat (03/08).

Lewat festival tersebut, diharapkan mampu memperkenalkan hasil produksi kopi di Wilayah Papua kepada para penikmat kopi hingga ke mancanegara.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Joko Supratikto mengatakan, festival kopi pertama kalinya di Papua yang mengusung tagline “Kopi Papua Kitong Punya Andalan” ini selain  menjadi pengembangan kopi secara umum di Papua. Juga sekaligus memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat di Papua.

“Selama ini kan pertumbuhan ekonomi Papua masih bergantung dari tambang di Freeport. Pertumbuhan ekonomi Papua juga sangat tinggi, tetapi bergantung dengan tambang. Hari ini cukup banyak yang hadir dan inilah festival kopi pertama kalinya diadakan di Papua. Kita semua ini mengharapakan kopi Papua ini menjadi andalan bagi pertumbuhan ekonomi Papua dan ekonomi masyarakat Papua pada khususnya,” ujar Joko.

Dikatakannya, lebih dari 70 persen masyarakat Papua hidup di sektor pertanian. Oleh karena itu, pihaknya menyarankan ke Pemprov Papua untuk mengambangkan petani dan komoditi kopi di Papua.

“Disamping itu di daerah perkotaan Jayapura tidak ada kebun kopi tapi banyak kedai kopi. Oleh karena itu, mudah-mudahan dengan munculnya kedai kopi ini dapat menambah penghasilan dan tambahan wirausaha di bidang kedai kopi dan bisa menambah pendapatan asli daerah. Kita juga mengharapakan pihak perbankan juga bisa menjadi pembantu dari segi pembiayaan petani dan kedai kopi,” katanya. (MD)

 

%d blogger menyukai ini: